Like Us on FacebookLike Us on Facebook

Follow Us on TwitterFollow Us on Twitter

Kerjasama

KERJASAMA

Kerjasama merupakan upaya bersama yang saling mendukung dan saling menguatkan sehingga dicapai sinergi yang baik. Adanya sinergi ini dapat ditengarai dengan adanya hasil yang lebih balk bila dibandingkan dengan sebelumnya. Sesuai dengan salah satu misi Stikes Bhakti Kencana yaitu menjalain kerjasama dengan stake holders yang terkait guna menyelaraskan kurikulum pendidikan dengan kebutuhan aplikasi di dunia kerja. Hal ini dimaksudkan untuk makin meningkatkan dinamisasi STFB yang terus dapat mengikuti perkembangan dan senantiasa mampu memenuhi dan mengimbangi kebutuhan stake holders.

Kerjasama yang baik adalah kerjasama yang mutualistik dan menguntungkan. Agar kerjasama dalam berbagai bidang yang dilaksanakan perguruan tinggi dapat terlaksana tanpa melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku serta selaras dengan visi dan misi perguruan tinggi bersangkutan, maka penting adanya standar tentang kerjasama.

Kerjasama dapat dilakukan secara kelembagaan ôleh pimpinan perguruan tinggi berdasarkan prinsip kesetaraan, saling menghormati, saling menguntungkan, memperhatikan balk hukum nasional maupun hukum internasional, tidak mengganggu kebijakan .pembangunan bangsa, pertahanan dan keamanan nasional.

STFB telah melakukan banyak kerjasama antar lembaga, baik dengan lembaga dalam negeri maupun lembaga luar negeri.

Kerjasama Dalam Negeri

Di dalam Negeri Kerjasama yang dijalin meliputi kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, antara lain dengan lembag-lembaga berikut :

A. Bidang Pemeritahan (Dirjen Binfar ALkes, Dirjen Yanfar, Dinas Kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten Kota, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan di Bandung, dll)

B. Bidang Industri (PT. Combiphar, PT. Tanabe Indonesia, PT Sanbe Farma, PT. Biofarma, PT Mepropharma, dsb)

C. Bidang Distribusi (PT Evseval Putra Mega Trading, Kimia Farma Trading & Distribution, PT. Hasil Karya Sejahtera, PT. Duta Karya Insani, PT. Kembang Krista, dll)

D. Bidang Pelayanan (Rumah Sakit, Apotek, Jaringan Apotek, Klinik, dll) baik RSUP, RSUD, maupun Rumah Sakit Swasta di seantero Jawa Barat 

E. Institusi Pendidikan (Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia/APTFI, Asosiasi Pendidikan Tinggsi Swasta Seluruh Indonesia/APTISI, Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah IV/Kopertis IV Jawa Barat-Banten, dll)

F. Lembaga Riset (BATAN, Balitro, Balitvet, LIPI, BPPT)

G. Asosiasi Profesi (Ikatan Apoteker Indonesia, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia)

H. Lembaga Perpustakaan (Badan Perpustakaan dan  Arsip Daerah Jawa Barat /Bapusipda, Forum Perpustakaan Perguruna Tinggi/FPPT, dll)

I. Lembaga Training dan Sertifikasi (Badan Nasional Sertfikasi Profesi, Parahyangan Training Center,/PTC)

J. Lembaga Akreditasi (BAN-PT, LAM-PTKes)

K. Perusahaan yang Merekrut Lulusan (Glaxo-Smith Kline, PT. Century Health Care, PT. Pharos Indonesia, PT. Phapros, PT. EtikaFarma, PT. Astra Zeneca Indonesia, Viva Generik, Apotek Kimia Farma (KF), KFTD, Apotek Al-Ma’sum, Erha Clinic, Klinik Medika Antapani, dll).

Kerjasama tersebut telah dituangkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) atau dalam konteks pelaksanaan kegaiatan bersama berdasarkan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kerjama Industri Farmasi

Kerjasama Luar Negeri

STFB telah menjalin MoU dengan Lembaga-Lembaga berikut :

1. Cyberjaya University College of MedicalMSciences (CUCMS)-Malaysi

aCUCMS mOU

2. Centro Escolar University (CEU)-Filipina

CEU moU

3. Phillipine Woman's University (PWU)-Filipina

Tujuan Kerjasama

1. Memperkuat jejaring internasional

2. Memperkuat sumber daya

- SDM (kreatif, inovatif & level internasional)
- Sarana prasarana (memadai & terbarukan)
- Finansial (internal & eksternal)

3. Memperkuat Institusi

- Menjadi institusi pendidikan & penelitian yang diperhitungkan
- Meningkatkan daya saing institusi

4. Meningkatkan produktivitas

- Publikasi ilmiah nasional & internasional
- Paten
- Lulusan yang berkualitas

 ~dn