Like Us on FacebookLike Us on Facebook

Follow Us on TwitterFollow Us on Twitter

Pengabdian Masyarakat

PERSONAL DEVELOPMENT & FARMASI DESA                                                                                      INTEGRASI PENDIDIKAN SOFT SKILLS STFB DALAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Fardes Tenjolaya

Program Farmasi Desa (Fardes) merupakan satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat STFB yang mengintegrasikan pendidikan soft skills melalui mata kuliah Personal Development (PD). Pengasuh mata kuliah PD, Abdul Malik Nasrulloh, SIP., CH., CHt., MOS,  mengembangkan program ini untuk mahasiswa semester IV terdiri atas PD 1 dan PD 2. PD1 lebih menekankan pada pembentukkan aspek intrapersonal skills yang berakhir melalui program Super Camp, dan PD 2 menekankan pada interpersonal skills yang dimanifestasikan dalam program Fardes. Selanjutnya melalui fasilitasi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STFB, program fardes Desa Mekarrayaini dikombinasikan dengan program pengabdian kepada masyarakat (pengmas) dengan membentuk kepanitiaan institusi STFB dengan mengirimkan apoteker, menghimpun obat-obatan dan perlengkapan kesehatan yang diperlukan guna menunjang Program Farmasi Desa.

Mahasiswa dan Dosen berbaur pada program ini sesuai dengan kemampuan dan kontribusinya masing-masing. Tidak kurang sejumlah 200 hingga 250 mahasiswa dengan 10 hingga 15 Dosen Pendamping disertai apoteker dan dokter pendukung acara dihadirkan pada program ini. Pada Tahun 2014 ini, kelas A melaksanakan Fardes di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Daerah Ciwidey, sementara kelas B melaksanakan Fardes di Desa Mekar Raya Kabupaten Garut.

Kegiatan yang mengedepankan kebersamaan dan kerjasama antara masyarakat dan warga STFB (Mahasiswa dan Dosen)  dalam mengembangkan potensi di desa ini, dilaksanakan dalam waktu 7-10 hari. Pembauran yang terjadi merupakan interaksi yang kontributif dari warga STFB untuk desa dan sebaliknya juga sebagai media pembelajaran yang berharga dalam mendalami kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam Fardes terarah pada bidang Kesehatan yang menjadi subsistem farmasi seperti penyuluhan kesehatan, pengobatan cuma-cuma, kesehatan ibu dan anak, dll., namun dilaksanakan juga bidang lainnya seperti Pendidikan, Ekonomi, Sosial Kemasyarakatan, Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Termasuk Geografi dan Lingkungan serta Olahraga. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan secara konsisten sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat STFB (mahasiswa farmasi sebagai pelaksana dan dosen sebagai pakar atau narasumbernya).

Penyuluhan Obat

Deden Penyuluhan Fardes 2013

(~dn)