Like Us on FacebookLike Us on Facebook

Follow Us on TwitterFollow Us on Twitter

Kampus STFB Jl. Soekarno Hatta No. 754 Bandung sebagai pusat aktivitas penyelenggaraan pendidikan dan perkantoran.

Lokasi Kampus STFB Berdasarkan Google Map.

Delegasi STFB bersama Ketua Yayasan Adhi Guna Kencana saat berkunjung ke Phillipine Woman's University Filipina atas Fasilitasi dari Atase Pendidikan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila.

Pengumuman Hasil Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa 5 Bidang Tahun 2015

Surat Pengumuman Hasil Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa 5 Bidang Tahun 2015

Daftar pemenang PKM 5 Bidang Tahun 2015

Pengabdian Masyarakat

PERSONAL DEVELOPMENT & FARMASI DESA                                                                                      INTEGRASI PENDIDIKAN SOFT SKILLS STFB DALAM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Fardes Tenjolaya

Program Farmasi Desa (Fardes) merupakan satu kegiatan pengabdian kepada masyarakat STFB yang mengintegrasikan pendidikan soft skills melalui mata kuliah Personal Development (PD). Pengasuh mata kuliah PD, Abdul Malik Nasrulloh, SIP., CH., CHt., MOS,  mengembangkan program ini untuk mahasiswa semester IV terdiri atas PD 1 dan PD 2. PD1 lebih menekankan pada pembentukkan aspek intrapersonal skills yang berakhir melalui program Super Camp, dan PD 2 menekankan pada interpersonal skills yang dimanifestasikan dalam program Fardes. Selanjutnya melalui fasilitasi dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) STFB, program fardes Desa Mekarrayaini dikombinasikan dengan program pengabdian kepada masyarakat (pengmas) dengan membentuk kepanitiaan institusi STFB dengan mengirimkan apoteker, menghimpun obat-obatan dan perlengkapan kesehatan yang diperlukan guna menunjang Program Farmasi Desa.

Mahasiswa dan Dosen berbaur pada program ini sesuai dengan kemampuan dan kontribusinya masing-masing. Tidak kurang sejumlah 200 hingga 250 mahasiswa dengan 10 hingga 15 Dosen Pendamping disertai apoteker dan dokter pendukung acara dihadirkan pada program ini. Pada Tahun 2014 ini, kelas A melaksanakan Fardes di Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Daerah Ciwidey, sementara kelas B melaksanakan Fardes di Desa Mekar Raya Kabupaten Garut.

Kegiatan yang mengedepankan kebersamaan dan kerjasama antara masyarakat dan warga STFB (Mahasiswa dan Dosen)  dalam mengembangkan potensi di desa ini, dilaksanakan dalam waktu 7-10 hari. Pembauran yang terjadi merupakan interaksi yang kontributif dari warga STFB untuk desa dan sebaliknya juga sebagai media pembelajaran yang berharga dalam mendalami kehidupan bermasyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam Fardes terarah pada bidang Kesehatan yang menjadi subsistem farmasi seperti penyuluhan kesehatan, pengobatan cuma-cuma, kesehatan ibu dan anak, dll., namun dilaksanakan juga bidang lainnya seperti Pendidikan, Ekonomi, Sosial Kemasyarakatan, Pemanfaatan Sumber Daya Alam, Termasuk Geografi dan Lingkungan serta Olahraga. Kegiatan tahunan ini dilaksanakan secara konsisten sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat STFB (mahasiswa farmasi sebagai pelaksana dan dosen sebagai pakar atau narasumbernya).

Penyuluhan Obat

Deden Penyuluhan Fardes 2013

(~dn)

 

 

 

 

Abstrak

Sekilas Tentang Abstrak

Abstrak adalah ringkasan makalah yang memungkinkan pembaca mendapatkan hal-hal berikut :

1) Menyimpulkan apa tujuan dari penelitian

2) Bagaimana metode / pelaksanaan penelitian

3) Apa hasil-hasil yang diperoleh

4) Apa signifikansi/ nilai manfaat / impact dari penelitian

 

Abstrak juga adalah bagian dari makalah yang paling banyak dibaca oleh pembaca setelah judul.

Bagian-bagian dalam abstrak yang baik meliputi :

1) Pendahuluan (kadang-kadang)

2) Apa yang dilakukan (wajib ada)

3) Apa yang dihasilkan (wajib ada)

4) Penutup/apa manfaat/impact (kadang-kadang)

 

Tujuan abstrak adalah menyediakan informasi kepada pembaca untuk mengambil keputusan apakah dia perlu membaca atau tidak keseluruhan isi makalah. Abstrak biasanya ditulis terakhir kali, setelah seluruh tubuh makalah selesai ditulis.

 

SIlakan publish abstrack anda di website htpp://lppm.stfb.ac.id

 

Selamat berkarya.

 

~dn

 

LPPM

LPPM STFB

Sekolah Tinggi Farmasi Bandung (STFB) merupakan perguruan tinggi swasta bidang farmasi yang berdiri tahun 1999. STFB menyelenggarakan tiga program studi (Prodi) yaitu D3 Farmasi, S1 Famasi dan Profesi Apoteker. Semua Program Studi di STFB telah terakreditasi dan re-akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Predikat Akreditasi yang diraih di tahun 2014 Prodi S1 dan D3 Farmasi adalah B.

Sebagai institusi pendidikan yang telah berusia 14 tahunan, STFB memang sudah seharusnya melangkah ke arah yang lebih tinggi lagi. Secara organisasi STFB telah membangun landasan-landasan pijakan bagi penyelenggaran pendidikan tinggi yang diharapkan mampu menjaga sustainabilitasnya dalam jangka panjang. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STFB telah dibentuk dan begitu juga lembaga Satuan Penjaminan Mutu (SPM) STFB sebagai bagian tak terpisahkan dari upaya STFB menuju komitmen mutu pendidikan tinggi farmasi.

Jati diri Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STFB tidak lepas dari Visi dan Misi STFB. Untuk mencapai Visi STFB, telah ditetapkan Misi STFB dibidang penelitian yaitu memajukan dan memberdayakan masyarakat melalui pencapaian kualitas bertaraf internasional dan unggulan (excellence) dalam hal kepakaran (expertise), penelitian, publikasi ilmiah, serta pengabdian kepada masyarakat.

Read more: LPPM

PENERIMAAN PROPOSAL PKM TAHUN 2014

PENERIMAAN PROPOSAL PKM TAHUN 2014 PENDANAAN TAHUN 2015

 

Yth. 1. Kepala Bidang Kemahasiswaan STFB

       2. Kepala Kaprodi S1 dan D3 STFB

 

Bersama ini dengan hormat kami sampaikan bahwa, Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi memberi kesempatan kepada  mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta untuk mengajukan usulan proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang yaitu :  PKMP, PKMM, PKMK, PKMT dan PKMKC yang akan didanai tahun 2015.

Perlu  kami  informasikan  bahwa  sesuai  panduan  PKM  tahun  2014 terlampir, pengajuan  usulan  proposal  dan tata cara pengiriman proposal secara on-line ke Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (Dit. Litabmas) dapat diunduh melalui website http://dikti.go.id atau http://simlitabmas.dikti.go.id,dengan headline : Usulan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2014.

Sehubungan hal tersebut di atas, kami mohon agar Saudara berkenan menyampaikan informasi  dimaksud kepada mahasiswa di lingkungan Perguruan Tinggi Saudara, dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Pendaftaran dilakukan oleh operator bagian Kemahasiswaan Perguruan Tinggi melalui http://simlitabmas.dikti.go.id.
  2. Pengunggahan dokumen dilakukan oleh mahasiswa setelah proses pendaftaran selesai dilakukan.
  3. Batas waktu pendaftaran dan pengunggahan dokumen usulan on-line sampai dengan 28 September 2014, apabila lewat dari batas waktu yang telah ditentukan maka proses pendaftaran dan pengunggahan tidak dapat dilakukan.
  4. Dit. Litabmas tidak menerima proposal usulan dalam bentuk hardcopy (dokumen hardcopy disimpan di Perguruan Tinggi pengusul untuk keperluan administrasi).

Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Direktur Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

ttd

Agus Subekti
NIP 196008011984031002

 

Unduh file

Surat Pemberitahuan Penerimaan Proposal PKM Pendanaan 2015

Panduan PKM 2014

Page 2 of 4